Rabu, 02 September 2015

Budaya, Makanan dan Ciri khas Kab. Pasuruan


1. Ciri khas
 Batik Pasuruan meski terbilang masih tertinggal dengan daerah lain yang lebih dikenal akan motif batiknya. Dengan objek keindahan wisata Pasuruan yang sudah banyak dikenal, para pengrajin pun menuangkannya dalam lukisan batik. Beberapa motif yang cukup dikenal adalah batik sedap malam, jumputan bromo, dan bunga krisan. Pilihan nama yang mengesankan karena namanya unik dan indah.

.
2. Bahasa
Bahasa Indonesia yang sering digunakan jika kita tidak mengerti bahasa daerah kita masing-masing. Yang aku tau ya di Kab. Pasuruan terkenal dengan bahasa yang kasar seperti bahasa dengan Boso Suroboyoan yang bahkan terkesan kasar.


3. Kesenian
Dari Pasuruan ini ciri khas nya adalah reog, al banjari, terbang bandung. 


4. Makanan khas Kab.Pasuruan


- Kupang adalah makanan sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bumbu bawang putih, untuk menghidangkan biasanya dicampur dengan petis kupang, jeruk nipis , lontong dan irisan lento, bila suka bisa ditambahkan cabe rawit, lebih mak nyus dimakan dengan Sate Kerang . Untuk minumannya bisa Es Degan Hijau, disamping itu es degan bisa meminimalisir alergi kupang & kerang.


- Kue Klepon. Klepon dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulatan kecil dengan isian gula merah. Setelah dibentuk bulat, adonan klepon direbus dalam air mendidih. Klepon disajikan dengan parutan kelapa di atasnya


 - Lupis terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis, garam dan sedikit gula. Adonan dibentuk memanjang dan kedua ujung meruncing. Setelah direbus di dalam air yang mendidih sampai matang, adonan lupis disajikan dengan parutan kelapa muda dan disiram saus yang terbuat dari larutan gula kelapa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar